LSP TEKNOLOGI DIGITAL
REGISTRASI
WEBSITE
SKEMA SERTIFIKASI
PENDAFTARAN UJI KOMPETENSI
PENGAJUAN TUK
Login
×
Login
Username
Password
PENGAJUAN TUK
1. Pilih skema
Skema Sertifikasi
Pilih
AHLI CLOUD COMPUTING
Lingkup Unit Kompetensi:
Kode Unit
Unit Kompetensi
ICTPRG604
Create cloud computing services
J.631120.008.01
Mengimplementasikan Virtualisasi Sesuai Dengan Kebutuhan Organisasi
J.631120.009.01
Mengimplementasikan Topologi Jaringan
J.631120.010.01
Melakukan Adaptasi untuk Deployment di Environment Cloud
J.631120.011.01
Mengembangkan Perangkat Lunak Sesuai dengana Deployment Environment
J.631120.013.01
Menjalankan Aktivitas Rutin pada IaaS, PaaS, dan SaaS
J.631120.015.01
Memberikan dukungan teknis atas masalah user dan Report Next Layer
J.631120.016.01
Melakukan penanganan (penanggulangan) gangguan dan ancaman terhadap sistem cloud
J.631120.017.01
Mengelola insiden pada sistem cloud yang disebabkan oleh keadaan kahar
ANIMATOR MADYA
Lingkup Unit Kompetensi:
Kode Unit
Unit Kompetensi
J.591120.019.01
Membuat komposisi teknik layer 2 dimensi (2D compositing)
J.59MTM00.011.1
Membuat Aset Visual Berdasarkan Langkah Kerja yang Telah Ditetapkan
J.591120.004.01
Membuat gerak digital non character
J.591120.008.01
Membuat model digital hardsurface 3 dimensi
J.591120.012.01
Membuat pencitraan gambar digital (rendering)
J.591120.020.01
Membuat pencitraan cahaya digital
J.591120.021.01
Membuat pencitraan sifat permukaan (shading)
J.591120.022.01
Membuat komposisi teknik layer 3 Dimensi (3D compositing)
J.591120.031.01
Membuat sudut pandang kamera digital
ANIMATOR MUDA
Lingkup Unit Kompetensi:
Kode Unit
Unit Kompetensi
J.591120.012.01
Membuat pencitraan gambar digital (rendering)
J.591120.013.01
Membuat pencitraan tekstur permukaan
J.591120.014.01
Membuat rancangan antar sambungan mekanika dan obyek digital (skinning)
J.591120.015.01
Membuat rancangan menika gerak digital (riging)
J.591120.016.01
Membuat sekuensial gambar gerak utama (keyframing)
J.591120.017.01
Membuat gerak digital karakter
J.591120.018.01
Membuat Gerak Digital Puppeteer
ASSOCIATE DATA SCIENTIST
Lingkup Unit Kompetensi:
Kode Unit
Unit Kompetensi
J.62DMI00.010.1
Menentukan Label Data
J.62DMI00.004.1
Mengumpulkan Data
J.62DMI00.005.1
Menelaah Data
J.62DMI00.006.1
Memvalidasi Data
J.62DMI00.007.1
Menentukan Objek Data
J.62DMI00.008.1
Membersihkan Data
J.62DMI00.009.1
Mengkonstruksi Data
J.62DMI00.013.1
Membangun Model
J.62DMI00.014.1
Mengevaluasi Hasil Pemodelan
Auditor Keamanan Jaringan
Lingkup Unit Kompetensi:
Kode Unit
Unit Kompetensi
J.62090.002
Menyelaraskan Penerapan Prinsip Perlindungan Informasi dengan Misi dan Tujuan Organisasi
J.62090.008
Melaksanakan ketentuan hukum yang berlaku tentang keamanan informasi
J.62090.013
Mengelola proses sertifikasi dan akreditasi untuk keamanan informasi
J.62090.019
Melakukan kajian keamanan informasi
J.62090.021
Mengelola audit keamanan informasi
J.62090.022
Melakukan evaluasi kinerja keamanan informasi
J.62090.034
Mengkaji efektivitas penerapan kontrol akses
J.62090.036
Melaksanakan uji coba sistem pertahanan keamanan informasi
J.62090.037
Mendeteksi kerentanan (vulnerabilitas) keamanan dan potensi pelanggaran
J.62090.038
Melaksanakan Evaluasi Kelemahan (Vulnerabilitas) Keamanan
BIG DATA SCIENTIST
Lingkup Unit Kompetensi:
Kode Unit
Unit Kompetensi
ICTDBS501
Monitor and improve knowledge management system
ICTDBS601
Build a data warehouse
ICTDBS602
Develop a knowledge management strategy
ICTSAD601
Perform ICT-focused enterprise analysis
ICTSAD603
Plan and monitor business analysis activities in an ICT environment
Chief Information Officer
Lingkup Unit Kompetensi:
Kode Unit
Unit Kompetensi
ICTICT808
Direct the Development of a Knowledge Management Strategy for a Business
ICTICT811
Manage an Information Architecture Project
ICTICT812
Develop a Business Intelligence Framework
J.620200.004.01
Menyusun Roadmap Arsitektur Bisnis
J.620200.006.01
Memfinalisasikan Arsitektur Bisnis
M.702090.001.0
Mengelola proyek secara terintegrasi project integration management)
M.702090.009.0
Mengelola pengadaan-pengadaan proyek project procurement management)
CONTENT CREATOR
Lingkup Unit Kompetensi:
Kode Unit
Unit Kompetensi
J.59MTM00.004.1
Menyusun Creative Brief
J.59MTM00.005.1
Menyusun Technical Brief
J.591200.001.01
Melaksanakan prosedur Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) ditempat kerja
J.591.200.007.01
Mempersiapkan Materi Sesuai Format yang Diinginkan
J.591.200.008.01
Menyunting Audio dan atau Video Sesuai Tuntutan Naskah
J.591.200.009.01
Melakukan Penambahan Elemen Penunjang Gambar dan Suara dari Sumber Lain yang Diperlukan
J.591.200.010.01
Melakukan Export Hasil Editing Menjadi File Video dengan Format yang Diperlukan
J.63OPR00.001.2
Menggunakan Perangkat Komputer
J.59MTM00.002.1
Melakukan Riset Kreatif Multimedia
DATA MANAGEMENT STAFF
Lingkup Unit Kompetensi:
Kode Unit
Unit Kompetensi
J.63OPR00.001.2
Menggunakan Perangkat Komputer
J.63OPR00.002.2
Menggunakan sistem operasi
J.63OPR00.003.2
Menggunakan peralatan peripheral
J.63OPR00.006.2
Menggunakan perangkat lunak presentasi tingkat dasar
J.63OPR00.007.2
Menggunakan Penelusur Situs Web
J.63OPR00.008.2
Menggunakan perangkat lunak pengakses surat elektronik (e-mail client)
J.63OPR00.010.1
Menggunakan aplikasi media sosial
J.63OPR00.011.2
Menggunakan perangkat lunak pengolah kata tingkat lanjut
J.63OPR00.012.2
Menggunakan perangkat lunak lembar kerja tingkat lanjut
J.63OPR00.014.1
Melakukan pemasukan data
J.63OPR00.016.1
Mengidentifikasi aspek keamanan informasi pengguna
DATABASE PROGRAMMER
Lingkup Unit Kompetensi:
Kode Unit
Unit Kompetensi
J.620100.001.01
Menganalisis tools
J.620100.003.01
Melakukan Identifikasi Library, Komponen atau Framework yang Diperlukan
J.620100.004.02
Menggunakan Struktur Data
J.620100.007.01
Mengimplementasikan Rancangan Entitas dan Keterkaitan Antar Entitas
J.620100.020.02
Menggunakan SQL
J.620100.021.02
Menerapkan Akses Basis Data
J.620100.022.02
Mengimplementasikan Algoritma Pemrograman
J.620100.025.02
Melakukan Debugging
J.620100.032.01
Menerapkan code review
J.620100.042.01
Melaksanakan Konfigurasi Perangkat Lunak Sesuai Environment Development, Staging,Production)
J.620100.043.01
Menganalisis dampak perubahan terhadap aplikasi
J.620100.045.01
Melakukan pemantauan resource yang digunakan aplikasi
J.620100.047.01
Melakukan Pembaharuan Perangkat Lunak
J.62090.011
Menerapkan standar-standar keamanan informasi yang berlaku
DEPUTY MANAGER ICT PROJECT MANAGEMENT
Lingkup Unit Kompetensi:
Kode Unit
Unit Kompetensi
M.702090.001.01.
Mengelola proyek secara terintegrasi (project integration management)
M.702090.002.01.
Mengelola ruang lingkup proyek (project scope management)
M.702090.003.01.
Mengelola jadwal waktu proyek (project time management)
M.702090.004.01.
Mengelola biaya proyek (project cost management)
M.702090.005.01.
Mengelola kualitas proyek (project quality management)
M.702090.006.01.
Mengelola sumberdaya manusia proyek (project human resource managment)
M.702090.007.01.
Mengelola komunikasi proyek (project communication management)
DESAINER GRAFIS MADYA
Lingkup Unit Kompetensi:
Kode Unit
Unit Kompetensi
M.74100.001.02
Mengaplikasikan prinsip dasar desain
M.74100.002.02
Menerapkan Prinsip Dasar Komunikasi
M.74100.005.02
Menerapkan design brief
M.74100.007.01
Menetapkan strategi desain
M.74100.008.02
Menetapkan konsep desain
M.74100.009.02
Mengoperasikan Perangkat Lunak Desain Grafis
M.74100.010.01
Menciptakan karya desain
M.74100.012.02
Mempresentasikan karya desain
DESAINER GRAFIS MUDA
Lingkup Unit Kompetensi:
Kode Unit
Unit Kompetensi
M.74100.001.02
Mengaplikasikan prinsip dasar desain
M.74100.002.02
Menerapkan Prinsip Dasar Komunikasi
M.74100.005.02
Menerapkan design brief
M.74100.009.02
Mengoperasikan Perangkat Lunak Desain Grafis
M.74100.010.01
Menciptakan karya desain
DESAINER MULTIMEDIA MADYA
Lingkup Unit Kompetensi:
Kode Unit
Unit Kompetensi
J.59MTM00.002.1
Melakukan Riset Kreatif Multimedia
J.59MTM00.006.1
Membuat Arahan Visual
J.59MTM00.007.1
Mengevaluasi Output Visual
J.59MTM00.013.1
Mengevaluasi Hasil Pembuatan Aset Audio
J.59MTM00.015.1
Membuat ASET Video Berdasarkan Langkah Kerja Yang Telah Ditetapkan
J.59MTM00.016.1
Merencanakan Arah Kebutuhan Teknik
J.59MTM00.017.1
Menentukan Kebutuhan Aset Teknik
J.59MTM00.023.1
Membuat Pemrograman Interaktif Berdasarkan Langkah Kerja
J.59MTM00.026.1
Memvalidasi Hasil Evaluasi Sesuai Dengan Brief
DESAINER MULTIMEDIA MUDA
Lingkup Unit Kompetensi:
Kode Unit
Unit Kompetensi
M.74100.002.02
Menerapkan Prinsip Dasar Komunikasi
TIK.MM01.004.0
Memperagakan pengetahuan dan syarat – syarat multimedia
TIK.MM01.005.0
Mengidentifikasi komponen multimedia
TIK.MM01.007.0
Memilih dan memakai software dan hardware untuk multimedia
TIK.MM01.008.0
Menerapkan prinsip – prinsip rancangan visual
TIK.MM01.009.0
Menerapkan prinsip - prinsip rancangan instruksional
TIK.MM02.027.0
Membuat sebuah produk multimedia
TIK.MM02.069.0
Menggabungkan teks kedalam sajian multimedia
TIK.MM02.070.0
Menggabungkan gambar 2D kedalam sajian multimedia
TIK.MM02.072.0
Menggabungkan audio ke dalam sajian multimedia
DESAINER MULTIMEDIA UTAMA
Lingkup Unit Kompetensi:
Kode Unit
Unit Kompetensi
J.59MTM00.001.1
Menyusun Anggaran Proyek Multimedia
J.59MTM00.003.1
Menyusun Proposal Proyek Multimedia
J.59MTM00.004.1
Menyusun Creative Brief
J.59MTM00.005.1
Menyusun Technical Brief
J.59MTM00.024.1
Mengelola Pekerjaan Pemrograman
J.59MTM00.025.1
Mengevaluasi Hasil Pemrograman dan User Experinece (UX)
J.59MTM00.027.1
Mengumpulkan Asest Multimedia
J.59MTM00.028.1
Membuat Data Based Multimedia
J.59MTM00.029.1
Mendistribusikan Asest Multimedia
DIGITAL MARKETING
Lingkup Unit Kompetensi:
Kode Unit
Unit Kompetensi
M.702090.001.01
Mengidentifikasi elemen pemasaran perusahaan
M.702090.004.01
Melakukan pendekatan kepada calon pelanggan potensial
M.731000.001.01
Membuat Perencanaan Periklanan
M.731000.003.01
Merancang Strategi Kreatif dan Pembuatan Iklan
M.731000.004.01
Merancang Strategi dan Pembelian Media
M.702090.006.01
Menyusun rencana aktifitas penjualan
M.702090.005.01
Melaksanakan keterampilan penjualan
J.63OPR00.001.2
Menggunakan Perangkat Komputer
J.63OPR00.010.2
Menggunakan Aplikasi Media Sosial
J.63OPR00.007.2
Menggunakan Penelusur Situs Web
DIGITAL MARKETING MANAGER
Lingkup Unit Kompetensi:
Kode Unit
Unit Kompetensi
M.731000.001.01
Membuat Perencanaan Periklanan
M.731000.002.01
Mengelola Hubungan dengan Klien
M.731000.003.01
Merancang Strategi Kreatif dan Pembuatan Iklan
M.731000.004.01
Merancang Strategi dan Pembelian Media
M.702090.006.01
Menyusun rencana aktifitas penjualan
M.702090.004.01
Melakukan pendekatan kepada calon pelanggan potensial
M.702090.003.01
Mengelola jadwal waktu proyek (project time management)
TIK.SM01.008.01
Membuat Laporan Tertulis
ICT PROJECT MANAGER
Lingkup Unit Kompetensi:
Kode Unit
Unit Kompetensi
M.702090.001.0
Mengelola proyek secara terintegrasi project integration management)
M.702090.002.0
Mengelola ruang lingkup proyek (project scope management)
M.702090.003.0
Mengelola jadwal waktu proyek (project time management)
M.702090.004.0
Mengelola biaya proyek (project cost management)
M.702090.005.0
Mengelola kualitas proyek (project quality management)
M.702090.006.0
Mengelola sumberdaya manusia proyek (project human resource managment)
M.702090.007.0
Mengelola komunikasi proyek (project communication management)
M.702090.008.0
Mengelola risiko proyek (project risk management)
M.702090.009.0
Mengelola pengadaan-pengadaan proyek project procurement management)
M.702090.010.0
Mengelola stakeholder proyek (project stakeholder management)
IT AUDITOR
Lingkup Unit Kompetensi:
Kode Unit
Unit Kompetensi
M.702000.001.0
Menganalisis risiko audit teknologi informasi
M.702000.002.0
Menyusun rencana prosedur audit teknologi informasi
M.702000.003.0
Mengalokasikan sumber daya audit teknologi informasi
M.702000.004.0
Melaksanakan prosedur audit atas perencanaan teknologi informasi
M.702000.005.0
Melaksanakan prosedur audit atas pengembangan teknologi informasi
M.702000.006.0
Melaksanakan prosedur audit atas operasional teknologi informasi
M.702000.007.0
Melaksanakan prosedur audit atas pemantauan teknologi informasi
M.702000.008.0
Melaksanakan prosedur audit atas aplikasi teknologi informasi
M.702000.009.0
Melaksanakan prosedur audit atas infrastruktur teknologi informasi
M.702000.010.0
Mengawasi kelayakan pelaksanaan prosedur audit teknologi informasi
M.702000.011.0
Mengawasi kelayakan dokumentasi hasil pelaksanaan prosedur audit teknologi informasi
M.702000.012.0
Menyusun hasil audit teknologi informasi
M.702000.013.0
Menyusun rekomendasi audit teknologi informasi
M.702000.014.0
Mengidentifikasi tindak lanjut audit teknologi informasi
M.702000.015.0
Memverifikasi kelayakan tindak lanjut audit teknologi informasi
IT QUALITY ASSURANCE
Lingkup Unit Kompetensi:
Kode Unit
Unit Kompetensi
J.620100.025.02
Melakukan Debugging
J.620100.031.01
Melakukan profiling program
J.620100.033.02
Melaksanakan Pengujian Unit Program
J.620100.034.02
Melaksanakan pengujian integrasi program
J.620100.035.02
Melaksanakan pengujian program sistem
J.620100.037.01
Melaksanakan stress test
M.702000.008.0
Melaksanakan prosedur audit atas aplikasi teknologi informasi
M.702000.009.0
Melaksanakan prosedur audit atas infrastruktur teknologi informasi
M.702000.012.0
Menyusun hasil audit teknologi informasi
M.702000.013.0
Menyusun rekomendasi audit teknologi informasi
TIK.SM02.011.01
Menetapkan Resolusi Dan Masalah Terhadap Seluruh Aktivitas Seluruh Siklus Hidup TI
TIK.SM03.006.01
Memantau Pelayanan Prosedur Tingkat Layanan
JUNIOR COMPUTER TECHNICIAN
Lingkup Unit Kompetensi:
Kode Unit
Unit Kompetensi
ICASAS202A
Apply problem-solving techniques to routine IT malfunctions
ICASAS420A
Provide first-level remote help-desk support
ICASAS421A
Support users and troubleshoot desktop applications
J.620900.001.02
Mengidentikasi perangkat penyusun komputer
J.620900.006.01
Melakukan inventarisasi hardware
J.620900.007.02
Melakukan inventarisasi software
J.620900.008.02
Memasang interface card
J.620900.009.02
Memasang hard disk
J.620900.010.02
Memasang motherboard
J.620900.011.02
Memasang memory
J.620900.012.02
Memasang prosesor
J.620900.013.02
Memasang optical drive
J.620900.014.02
Merawat CPU
J.620900.026.02
Melakukan instalasi software aplikasi
J.620900.028.02
Mencegah komputer dari serangan berbagai jenis virus
J.620900.029.02
Memperbaiki komputer yang terinfeksi virus
JUNIOR CYBER SECURITY
Lingkup Unit Kompetensi:
Kode Unit
Unit Kompetensi
J.62090.001.01
Menerapkan Prinsip Perlindungan Informasi
J.62090.003.01
Menerapkan Prinsip Keamanan Informasi untuk Penggunaan Jaringan Internet
J.62090.006.01
Melaksanakan kebijakan keamanan informasi
J.62090.009.01
Mengelola Prosedur Keamanan Informasi
J.62090.011.01
Menerapkan Standar – Standar Keamanan Informasi yang Berlaku
J.62090.012.01
Mengaplikasikan Ketentuan/Persyaratan Keamanan Informasi
J.62090.027.01
Mengimplementasikan Konfigurasi Keamanan Informasi
J.62090.032.01
Menerapkan Kontrol Akses Berdasarkan Konsep/Metodologi yang Telah Ditetapkan
JUNIOR GRAPHIC DESIGNER
Lingkup Unit Kompetensi:
Kode Unit
Unit Kompetensi
M.74100.001.02
Mengaplikasikan prinsip dasar desain
M.74100.002.02
Menerapkan Prinsip Dasar Komunikasi
M.74100.005.02
Menerapkan design brief
M.74100.009.02
Mengoperasikan Perangkat Lunak Desain Grafis
M.74100.010.01
Menciptakan karya desain
Junior Mobile Computing
Lingkup Unit Kompetensi:
Kode Unit
Unit Kompetensi
J.612000.001
Menunjukkan Platform Operating System dan Bahasa Pemrograman di dalam Perangkat Lunak
J.612000.003
Merancang Database dan Data Persistence pada Mobile Data
J.612000.006
Menyusun Mobile location Based Service, GPS dan Mobile Navigation.
J.612000.007
Merancang Mobile Interface
J.612000.008
Menjelaskan Dasar-dasar Mobile Security
J.612000.022
Menjelaskan Mobile Sensor dan Spesifikasi Teknisnya untuk Mobile Computing
J.612000.025
Menentukan Mobile Seluler Network
JUNIOR MOBILE PROGRAMMER
Lingkup Unit Kompetensi:
Kode Unit
Unit Kompetensi
J.612000.001
Menunjukkan Platform Operating System dan Bahasa Pemrograman di dalam Perangkat Lunak
J.612000.003
Merancang Database dan Data Persistence pada Mobile Data
J.612000.006
Menyusun Mobile location Based Service, GPS dan Mobile Navigation.
J.612000.007
Merancang Mobile Interface
J.612000.008
Menjelaskan Dasar-dasar Mobile Security
J.612000.022
Menjelaskan Mobile Sensor dan Spesifikasi Teknisnya untuk Mobile Computing
J.612000.025
Menentukan Mobile Seluler Network
JUNIOR NETWORK ADMINISTRATOR
Lingkup Unit Kompetensi:
Kode Unit
Unit Kompetensi
J.611000.004.01
Merancang Pengalamatan Jaringan
J.611000.010.02
Memasang Jaringan Nirkabel
J.611000.012.02
Mengkonfigurasi Switch pada Jaringan
J.611000.013.02
Mengkonfigurasi Routing pada Perangkat Jaringan dalam Satu Autonomous System
J.611000.014.02
Mengkonfigurasi Routing pada Perangkat Jaringan antar Autonomous System
JUNIOR OFFICE OPERATOR
Lingkup Unit Kompetensi:
Kode Unit
Unit Kompetensi
J.63OPR00.003.2
Menggunakan peralatan peripheral
J.63OPR00.004.2
Menggunakan perangkat lunak pengolah kata tingkat dasar
J.63OPR00.005.2
Menggunakan perangkat lunak lembar kerja tingkat dasar
J.63OPR00.006.2
Menggunakan perangkat lunak presentasi tingkat dasar
J.63OPR00.008.2
Menggunakan perangkat lunak pengakses surat elektronik (e-mail client)
J.63OPR00.009.1
Menggunakan aplikasi berbasis internet
J.63OPR00.010.1
Menggunakan aplikasi media sosial
J.63OPR00.015.1
Memastikan validitas data
J.63OPR00.016.1
Mengidentifikasi aspek keamanan informasi pengguna
JUNIOR TECHNICAL SUPPORT
Lingkup Unit Kompetensi:
Kode Unit
Unit Kompetensi
J.611000.002.01
Mengumpulkan Data Peralatan Jaringan Dengan Teknologi yang Sesuai
J.611000.003.02
Merancang Topologi Jaringan
J.611000.004.01
Merancang Pengalamatan Jaringan
J.611000.005.02
Menentukan Spesifikasi Perangkat Jaringan
J.611000.009.02
Memasang Kabel Jaringan
JUNIOR WEB DEVELOPER
Lingkup Unit Kompetensi:
Kode Unit
Unit Kompetensi
J.620100.005.02
Mengimplementasikan User Interface
J.620100.010.01
Menerapkan perintah eksekusi bahasa pemrograman berbasis teks, grafik, dan multimedia
J.620100.015.01
Menyusun fungsi, file atau sumber daya pemrograman yang Lain dalam organisasi yang rapi
J.620100.016.01
Menulis kode dengan prinsip sesuai guidelines dan best practices
J.620100.017.02
Mengimplementasikan pemrograman terstruktur
J.620100.019.02
Menggunakan library atau komponen pre-existing
JUNIOR WEB PROGRAMMER
Lingkup Unit Kompetensi:
Kode Unit
Unit Kompetensi
J.620100.004.02
Menggunakan Struktur Data
J.620100.005.02
Mengimplementasikan User Interface
J.620100.011.01
Melakukan Instalasi Software Tools Pemrograman
J.620100.016.01
Menulis kode dengan prinsip sesuai guidelines dan best practices
J.620100.017.02
Mengimplementasikan pemrograman terstruktur
J.620100.019.02
Menggunakan library atau komponen pre-existing
J.620100.023.02
Membuat Dokumen Kode Program
J.620100.025.02
Melakukan Debugging
NETWORK ADMINISTRATOR MADYA
Lingkup Unit Kompetensi:
Kode Unit
Unit Kompetensi
J.611000.004.01
Merancang Pengalamatan Jaringan
J.611000.006.01
Merancang Keamanan Jaringan
J.611000.007.02
Merancang Pemulihan Jaringan
J.611000.010.02
Memasang Jaringan Nirkabel
J.611000.011.02
Memasang Perangkat Jaringan ke dalam Sistem Jaringan
J.611000.012.02
Mengkonfigurasi Switch pada Jaringan
J.611000.013.02
Mengkonfigurasi Routing pada Perangkat Jaringan dalam Satu Autonomous System
J.611000.014.02
Mengkonfigurasi Routing pada Perangkat Jaringan antar Autonomous System
J.611000.015.01
Memonitor Keamanan dan Pengaturan Akun Pengguna dalam Jaringan Komputer
NETWORK ADMINISTRATOR UTAMA
Lingkup Unit Kompetensi:
Kode Unit
Unit Kompetensi
J.611000.001.01
Mengumpulkan Kebutuhan Teknis Pengguna yang Menggunakan Jaringan
J.611000.002.01
Mengumpulkan Data Peralatan Jaringan Dengan Teknologi yang Sesuai
J.611000.005.02
Menentukan Spesifikasi Perangkat Jaringan
J.611000.006.01
Merancang Keamanan Jaringan
J.611000.007.02
Merancang Pemulihan Jaringan
J.611000.015.01
Memonitor Keamanan dan Pengaturan Akun Pengguna dalam Jaringan Komputer
J.611000.016.02
Mengatasi Serangan pada Jaringan
J.611000.017.01
Mengidentifikasi Sumber Kerusakan
J.611000.018.01
Memperbaiki Kerusakan Konfigurasi Jaringan
J.611000.019.01
Mengganti Perangkat Jaringan yang Rusak
J.611000.020.01
Mengoptimalkan Kinerja Sistem Jaringan
J.611000.021.02
Memelihara Jaringan
J.611000.022.01
Melakukan Backup dan Restore Konfigurasi Perangkat Jaringan
J.611000.023.01
Mengganti Perangkat Jaringan Sesuai dengan Kebutuhan Baru
J.611000.024.01
Mengevaluasi Jaringan Komputer untuk Pengembangan Masa Depan
Network Security Analyst
Lingkup Unit Kompetensi:
Kode Unit
Unit Kompetensi
J.62090.005
Menyusun Dokumen Kebijakan Keamanan Informasi
J.62090.006
Melaksanakan Kebijakan Keamanan Informasi
J.62090.025
Mengelola Sistem Pertahanan dan Perlindungan Keamanan Informasi
J.62090.026
Menyediakan dukungan keamanan bagi pengguna
J.62090.029
Mengelola perimeter keamanan
J.62090.032
Menerapkan kontrol akses berdasarkan konsep/metodologi yang telah ditetapkan
J.62090.034
Mengkaji efektivitas penerapan kontrol akses
J.62090.035
Mengelola siklus pemberian akses
J.62090.036
Melaksanakan uji coba sistem pertahanan keamanan informasi
J.62090.037
Mendeteksi kerentanan (vulnerabilitas) keamanan dan potensi pelanggaran
J.62090.038
Melaksanakan Evaluasi Kelemahan (Vulnerabilitas) Keamanan
J.62090.043
Mengimplementasikan manajemen perbaikan/respon yang terkait dengan keamanan informasi
OPERATOR KOMPUTER MADYA
Lingkup Unit Kompetensi:
Kode Unit
Unit Kompetensi
J.63OPR00.002.2
Menggunakan sistem operasi
J.63OPR00.003.2
Menggunakan peralatan peripheral
J.63OPR00.012.2
Menggunakan perangkat lunak lembar kerja tingkat lanjut
J.63OPR00.014.1
Melakukan pemasukan data
J.63OPR00.016.1
Mengidentifikasi aspek keamanan informasi pengguna
J.63OPR00.017.1
Memastikan keamanan informasi pengguna
J.63OPR00.004.2
Menggunakan perangkat lunak pengolah kata tingkat dasar
J.63OPR00.006.2
Menggunakan perangkat lunak presentasi tingkat dasar
OPERATOR KOMPUTER MUDA
Lingkup Unit Kompetensi:
Kode Unit
Unit Kompetensi
J.63OPR00.002.2
Menggunakan sistem operasi
J.63OPR00.003.2
Menggunakan peralatan peripheral
J.63OPR00.004.2
Menggunakan perangkat lunak pengolah kata tingkat dasar
J.63OPR00.005.2
Menggunakan perangkat lunak lembar kerja tingkat dasar
J.63OPR00.006.2
Menggunakan perangkat lunak presentasi tingkat dasar
J.63OPR00.016.1
Mengidentifikasi aspek keamanan informasi pengguna
SENIOR PROGRAMMER
Lingkup Unit Kompetensi:
Kode Unit
Unit Kompetensi
J.612000.019.01
Melakukan perencanaan sistem DWDM
J.620100.001.01
Menganalisis tools
J.620100.004.02
Menggunakan Struktur Data
J.620100.005.02
Mengimplementasikan User Interface
J.620100.006.01
Merancang user experience
J.620100.007.01
Mengimplementasikan Rancangan Entitas dan Keterkaitan Antar Entitas
J.620100.013.01
Menerapkan pemecahan permasalahan menjadi subrutin
J.620100.014.01
Menerapkan metode dan praktik penggunaan kembali (Reusable) subrutin?subrutin
J.620100.015.01
Menyusun fungsi, file atau sumber daya pemrograman yang Lain dalam organisasi yang rapi
J.620100.016.01
Menulis kode dengan prinsip sesuai guidelines dan best practices
J.620100.018.02
Mengimplementasikan Pemrograman Berorientasi Objek
J.620100.019.02
Menggunakan library atau komponen pre-existing
J.620100.022.02
Mengimplementasikan Algoritma Pemrograman
J.620100.023.02
Membuat Dokumen Kode Program
J.620100.025.02
Melakukan Debugging
J.620100.026.01
Menerapkan source code versioning
J.620100.031.01
Melakukan profiling program
J.620100.032.01
Menerapkan code review
J.620100.034.02
Melaksanakan pengujian integrasi program
J.620100.035.02
Melaksanakan pengujian program sistem
J.620100.037.01
Melaksanakan stress test
J.620100.038.01
Melaksanakan pengujian oleh pengguna (UAT)
J.620100.039.02
Memberikan petunjuk teknis kepada pelanggan
J.620100.040.01
Membuat paket instalasi perangkat lunak
J.620100.042.01
Melaksanakan Konfigurasi Perangkat Lunak Sesuai Environment Development, Staging,Production)
J.620100.043.01
Menganalisis dampak perubahan terhadap aplikasi
J.620100.044.01
Menerapkan alert notification jika aplikasi bermasalah
J.620100.045.01
Melakukan pemantauan resource yang digunakan aplikasi
J.620100.046.01
Mengimplementasikan Fitur LoggingAplikasi
J.62090.011.01
Menerapkan Standar – Standar Keamanan Informasi yang Berlaku
SEO SPECIALIST
Lingkup Unit Kompetensi:
Kode Unit
Unit Kompetensi
J.63OPR00.001.2
Menggunakan Perangkat Komputer
J.63OPR00.007.2
Menggunakan Penelusur Situs Web
ICTWEB413
Optimise search engines
ICTWEB404
Maintain website performance
TIK.SM01.008.01
Membuat Laporan Tertulis
SOCIAL MEDIA MARKETING
Lingkup Unit Kompetensi:
Kode Unit
Unit Kompetensi
J.63OPR00.010.2
Menggunakan Aplikasi Media Sosial
M.731000.001.01
Membuat Perencanaan Periklanan
M.74100.009.02
Mengoperasikan Perangkat Lunak Desain Grafis
M.74100.010.01
Menciptakan karya desain
M.731000.002.01
Mengelola Hubungan dengan Klien
M.731000.004.01
Merancang Strategi dan Pembelian Media
M.702090.006.01
Menyusun rencana aktifitas penjualan
STAF OPERASI LAYANAN IT
Lingkup Unit Kompetensi:
Kode Unit
Unit Kompetensi
TIK.SM01.001.01
Melaksanakan Pekerjaan Secara Tim
TIK.SM01.003.01
Melaksanakan Pekerjaan Secara Mandiri Dalam Lingkungan Organisasi TI
TIK.SM01.004.01
Melakukan Komunikasi Di Tempat Kerja
TIK.SM01.005.01
Melaksanakan Dan Menjaga Etika Profesi
TIK.SM01.007.01
Melakukan Survei Kebutuhan Pelanggan
TIK.SM01.008.01
Membuat Laporan Tertulis
TIK.SM01.009.01
Memberikan Petunjuk Teknis Kepada Pelanggan
TIK.SM01.010.01
Menjamin Integritas Informasi
TIK.SM02.004.01
Memberikan Pelayanan TI Sesuai Dengan Bisnis Yang Dijalankan
TIK.SM02.009.01
Memberikan Pelayanan Produk-Produk Teknologi Informasi Sesuai Kebutuhan Bisnis
SYSTEM ANALYST
Lingkup Unit Kompetensi:
Kode Unit
Unit Kompetensi
J.62SAD00.001.1
Mengaplikasikan metodologi pengembangan perangkat lunak
J.62SAD00.002.1
Melakukan Identifikasi Sumber Kebutuhan
J.62SAD00.003.1
Menentukan teknik elisitasi yang sesuai
J.62SAD00.004.1
Melakukan Klasifikasi dan Alokasi Kebutuhan Perangkat Lunak
J.62SAD00.005.1
Melakukan negosiasi kebutuhan perangkat lunak
J.62SAD00.006.1
Menyusun Spesifikasi Kebutuhan Dokumen Sistem
J.62SAD00.007.1
Menyusun spesifikasi kebutuhan software environment
J.62SAD00.008.1
Menyusun Spesifikasi Kebutuhan Perangkat Lunak
J.62SAD00.009.1
Meninjau ulang (review) kebutuhan perangkat lunak melalui spesifikasi dan prototipe
J.62SAD00.010.1
Melakukan validasi model dan uji penerimaan pengguna
J.62SAD00.011.1
Merancang Struktur Perangkat Lunak
J.62SAD00.012.1
Merancang User Interface (UI)
J.62SAD00.013.1
Merancang user experience (UX)
SYSTEM INTEGRATOR
Lingkup Unit Kompetensi:
Kode Unit
Unit Kompetensi
J.611000.011.02
Memasang Perangkat Jaringan ke dalam Sistem Jaringan
J.611000.017.01
Mengidentifikasi Sumber Kerusakan
J.611000.018.01
Memperbaiki Kerusakan Konfigurasi Jaringan
J.620900.033.02
Melakukan backup data dan sistem
J.631120.002.01
Mengidentifikasikan teknologi Cloud Computing
J.631120.010.01
Melakukan Adaptasi untuk Deployment di Environment Cloud
J.631120.013.01
Menjalankan Aktivitas Rutin pada IaaS, PaaS, dan SaaS
J.631120.016.01
Melakukan penanganan (penanggulangan) gangguan dan ancaman terhadap sistem cloud
J.63OPR00.009.2
Menggunakan aplikasi berbasis internet
J.63OPR00.016.1
Mengidentifikasi aspek keamanan informasi pengguna
J.63OPR00.017.1
Memastikan keamanan informasi pengguna
Teknisi Audio Visual
Lingkup Unit Kompetensi:
Kode Unit
Unit Kompetensi
J.59AVE00.003.1
Membuat Breakdown Naskah Produksi Program Televisi
J.59AVE00.004.1
Menerapkan Floor Plan Sesuai Dengan Tugas pada Area Pekerjaan Masing-Masing
J.59AVE00.005.1
Melakukan Pendataan Kebutuhan Peralatan
J.59AVE00.006.1
Menata Letak dan Penempatan Microphone
J.59AVE00.007.1
Menata Letak dan Penempatan Peralatan Visual
J.59AVE00.008.1
Menata Letak dan Penempatan Peralatan Tata Cahaya
J.59AVE00.009.1
Melakukan Check Line Sesuai Bidang Pekerjaan Masing-Masing
J.59AVE00.010.1
Melakukan Adjusetment Peralatan
J.59AVE00.011.1
Memastikan Penataan Cahaya
J.59AVE00.012.1
Melakukan Perekaman Audio
J.59AVE00.013.1
Melakukan Perekaman Audio
J.59AVE00.014.1
Membuat Laporan Penggunaan Alat
TEKNISI INSTALASI & AKTIVASI
Lingkup Unit Kompetensi:
Kode Unit
Unit Kompetensi
J.61IFO00.002.2
Menjalankan Prosedur Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)
J.61IFO00.004.2
Membuat Laporan Tertulis
J.61IFO00.008.2
Memasang Kabel Fiber Optik Ruangan / Gedung
J.61IFO00.012.2
Mengoperasikan Power Meter
J.61IFO00.013.2
Memasang Konektor Fiber Optik
J.61IFO00.014.2
Melaksanakan Penyambungan Fiber Optik dengan Fusion Splicer
J.61IFO00.015.2
Melaksanakan Penyambungan Fiber Optik dengan Mechanical Splice
J.61IFO00.016.2
Mengoperasikan OTDR (Optical Time Domain Reflectometer)
TEKNISI TELEPON SELULER REPARASI PERANGKAT KERAS
Lingkup Unit Kompetensi:
Kode Unit
Unit Kompetensi
S.951200.006.01
Mencetak Ulang Kaki IC BGA
S.951200.007.01
Memperbaiki Kerusakan Telepon Seluler Mati Total
S.951200.008.01
Memperbaiki Kerusakan Lampu LED Telepon Seluler
S.951200.009.01
Memperbaiki Kerusakan Telepon Seluler Tidak Ada Tampilan dan Tidak Bisa Dimatikan dari Tombol On-Off
S.951200.010.01
Memperbaiki Kerusakan Telepon Seluler Sim Card Tidak Terbaca
S.951200.011.01
Memperbaiki Kerusakan Telepon Seluler pada Tombol Keypad
S.951200.013.01
Memperbaiki Kerusakan Telepon Seluler tidak ada Signal
S.951200.015.01
Memperbaiki Kerusakan Telepon Seluler pada Mic
S.951200.018.01
Memperbaiki Kerusakan Telepon Seluler pada Kamera
S.951200.021.01
Memperbaiki Kerusakan Telepon Seluler Aktifasi Ulang/Restart
S.951200.024.01
Memperbaiki Kerusakan Telepon Seluler Trackpad tidak fungsi
S.951200.025.01
Memperbaiki Kerusakan Telepon Seluler Touchscreen tidak berfungsi
S.951200.026.01
Mengoperasikan Fungsi Menu Program Flashing
TEKNISI TELEPON SELULER REPARASI PERANGKAT LUNAK
Lingkup Unit Kompetensi:
Kode Unit
Unit Kompetensi
S.951200.002.01
Menggunakan Alat dan Bahan Reparasi dan Perawatan Telepon Seluler
S.951200.003.01
Menggunakan Alat Ukur dan Alat Uji Telepon Seluler
S.951200.004.01
Membaca Skema Telepon Seluler
S.951200.016.01
Memperbaiki Kerusakan Telepon Seluler tidak dapat diisiulang/dicharge
S.951200.017.01
Memperbaiki Kerusakan Telepon Seluler Memory Ekternal tidak terbaca
S.951200.019.01
Memperbaiki Kerusakan Telepon Seluler pada Bluetooth
S.951200.022.01
Memperbaiki Kerusakan Telepon Seluler Berkedip/ Blinking
S.951200.023.01
Memperbaiki Kerusakan Telepon Seluler tidak ada Getar
S.951200.026.01
Mengoperasikan Fungsi Menu Program Flashing
J.630PR00.001.2
Menggunakan Perangkat Komputer
J.630PR00.002.2
Menggunakan Sistem Operasi
J.63OPR00.007.2
Menggunakan Penelusur Situs Web
VIDEO EDITOR
Lingkup Unit Kompetensi:
Kode Unit
Unit Kompetensi
M.74100.002.02
Menerapkan Prinsip Dasar Komunikasi
J.59MTM00.008.1
Merencanakan Arah Tampilan Pengguna (User Experience)
J.59MTM00.009.1
Mengevaluasi Tampilan Pengguna
J.59MTM00.010.1
Menterjemahkan Arah Visual Ke dalam Langkah Kerja
J.59MTM00.011.1
Membuat Aset Visual Berdasarkan Langkah Kerja yang Telah Ditetapkan
J.59MTM00.012.1
Merencanakan Arah Kebutuhan Aset Audio
J.59MTM00.014.1
Menterjemahkan Arah Audio Ke dalam Langkah Kerja
J.59MTM00.018.1
Mengintegrasikan Seluruh Komponen Multimedia Terkait Audio dan Visual
J.59MTM00.022.1
Menerjemahkan Brief ke Dalam Langkah Kerja
WEB ADMINISTRATOR
Lingkup Unit Kompetensi:
Kode Unit
Unit Kompetensi
ICTWEB404
Maintain website performance
ICTWEB422
Ensure Website Access and Useability
ICTWEB423
Ensure Dynamic Website Security
J.620100.001.01
Menganalisis tools
J.620100.002.01
Menganalisis Skalabilitas Perangkat Lunak
J.620100.009.01
Menggunakan Spesifikasi Program
J.620100.031.01
Melakukan profiling program
J.620100.039.02
Memberikan petunjuk teknis kepada pelanggan
J.620100.044.01
Menerapkan alert notification jika aplikasi bermasalah
J.620100.045.01
Melakukan pemantauan resource yang digunakan aplikasi
WEB DEVELOPER
Lingkup Unit Kompetensi:
Kode Unit
Unit Kompetensi
J.620100.001.01
Menganalisis tools
J.620100.002.01
Menganalisis Skalabilitas Perangkat Lunak
J.620100.003.01
Melakukan Identifikasi Library, Komponen atau Framework yang Diperlukan
J.620100.006.01
Merancang user experience
J.620100.017.02
Mengimplementasikan pemrograman terstruktur
J.620100.018.02
Mengimplementasikan Pemrograman Berorientasi Objek
J.620100.020.02
Menggunakan SQL
J.620100.021.02
Menerapkan Akses Basis Data
J.620100.022.02
Mengimplementasikan Algoritma Pemrograman
J.620100.024.02
Melakukan Migrasi Ke Teknologi Baru
J.620100.025.02
Melakukan Debugging
J.620100.030.02
Menerapkan pemrograman multimedia
J.620100.032.01
Menerapkan code review
J.620100.036.02
Melaksanakan Pengujian Kode Program Secara Statis
J.620100.044.01
Menerapkan alert notification jika aplikasi bermasalah
J.620100.045.01
Melakukan pemantauan resource yang digunakan aplikasi
J.620100.047.01
Melakukan Pembaharuan Perangkat Lunak
2. Profil TUK
Nama
*
Alamat
*
- PILIH PROVINSI -
ACEH
SUMATERA UTARA
SUMATERA BARAT
RIAU
JAMBI
SUMATERA SELATAN
BENGKULU
LAMPUNG
KEPULAUAN BANGKA BELITUNG
KEPULAUAN RIAU
DKI JAKARTA
JAWA BARAT
JAWA TENGAH
DI YOGYAKARTA
JAWA TIMUR
BANTEN
BALI
NUSA TENGGARA BARAT
NUSA TENGGARA TIMUR
KALIMANTAN BARAT
KALIMANTAN TENGAH
KALIMANTAN SELATAN
KALIMANTAN TIMUR
KALIMANTAN UTARA
SULAWESI UTARA
SULAWESI TENGAH
SULAWESI SELATAN
SULAWESI TENGGARA
GORONTALO
SULAWESI BARAT
MALUKU
MALUKU UTARA
PAPUA BARAT
PAPUA
- PILIH PROVINSI DULU -
No Tlp
*
Email
*
klasifikasi TUK
*
-
TUK Sewaktu
Tempat Kerja
Mandiri
Tanggal pelaksanaan
*
Penanggung Jawab
*
3. Ceklist sarana dan prasarana ruang uji
NO
KRITERIA
STANDAR
Ada
Tidak Ada
1
Lokasi
Strategis dan mudah dijangkau peserta
2
Kapasitas
a. Jakarta
Daya Tampung 5-10 Orang
b. Luar Jakarta
Daya Tampung 5-10 Orang
3
Fasilitas Pendukung
a. Air Conditioning
25˚C - 28˚C
b. Penerangan dasar
300 - 500 Lux
c. Toilet
Kondisi bersih dan nyaman
Air bersih dan tidak berbau
Tersedia tisu dan sabun
d. Desain ruangan
segi empat, sedikit tiang bangunan
e. Tinggi ruangan
Minimal dapat menampung layar ukuran 2 x 3 meter
f. Ruangan tertutup
Akses pintu dapat dikontrol
g. Tersedia Genset
Dengan daya yang memadai sebagai listrik cadangan
h. Safety System
Terdapat emergency exit, fire alarm, pemadam
i. Lapangan parkir
Aman, dan daya tampung minimal 50 % peserta
Ada petugas untuk mengatur
j. Kebersihan
Tersedia tisu dan sabun
k. Keamanan lingkungan
Tersedia petugas keamanan yang mencukupi
4
Penataan Ruangan
Ruangan bentuk class room
Setiap peserta memperoleh satu meja dan satu kursi
Jarak antara kursi dalam satu bari minimal 1 meter
Jarak dengan dinding depan minimal 2 meter
Jarak dengan dinding samping kiri 1 meter
5
PRASARANA
a. Penataan Ruangan
Ruang Kelas
b. Meja belajar
Minimum 5 buah
c. Kursi
Minimum 5 buah
d. White board
1 buah
e. Proyektor
1 buah
f. Laptop/Komputer
1 buah
4. Dokumen Persyaratan
Foto Profile
*
Company Profile
*
MOU Mitra
*
( SMK, Perusahaan, Pelaksanaan Uji )
Lay Out Ruang Uji
*
Note :
*
Wajib di isi
Simpan Pengajuan